Keseruan Acara Siliwangi Sehat

 

Jujur sejak kaki gampang sakit karena asam urat, setengah tahun ini saya jarang sekali jalan kaki. Biasanya kalau sedang libur atau punya waktu senggang, saya akan jalan kaki dari jam lima pagi hingga jam delapan atau jam sembilan pagi. Lumayan lama. Rata-rata jumlah langkah yang saya perolehi berkisar belasan ribu langkah hingga dua puluh ribuan langkah.

Sejak kaki mulai membaik dan jarang sakit, rupanya kebiasaan jarang jalan kaki mulai terbawa. Dulu biasanya setiap hari pasti jalan kaki, kalau sekarang meski keadaan kaki sudah membaik sepekan sekali pun jarang.

Memasuki usia yang sudah tidak muda lagi, olahraga harusnya sudah menjadi bagian dari kebiasaan hidup. Dan beberapa pekan ini, saya kembali berusaha untuk konsisten dalam berolahraga terutama jalan kaki.

Ketika Siliwangi mengadakan event Siliwangi Sehat, saya bahagianya bukan main. Ini seakan alam ikut membantu saya agar lebih konsisten untuk berolahraga. Makanya tanpa berlama-lama, saya langsung mendaftarkan diri untuk ikutan. Berhubung salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Jalan Sehat, jadi saya ajak keluarga sekalian.

Beruntung kami telah mendaftar sebab dari total 3000 tiket yang disediakan 3 hari sebelumnya atau hari Kamis tanggal 11 Juli 2024. Tiket jalan sehat sudah habis terjual. Bagaimana tidak dengan membeli tiket jalan sehat senilai 40ribu rupiah, Siliwangi selaku penyelenggara menyiapkan tiket undian dengan grandprize motor N-Max, kaos dengan ukuran allsize dan produk Siliwangi Bolu Kukus. Banyak kan yang diperoleh?

Makanya tidak heran jika antusiasme warga Bogor dan sekitarnya dalam mengikuti Siliwangi Sehat terlihat begitu banyak. Bahkan masyarakat masih menanyakan ketersediaan tiket tambahan. Namun semua tiket ludes terjual.

Siliwangi Sehat 2024

Pagi-pagi, saya dan keluarga audah jalan dan bersiap untuk mengikuti kegiatan Siliwangi Sehat. Tepat pukul 6.25, kami sudah sampai di area Balaikota Bogor sebagai tempat start awal Jalan sehat sekaligus Fun Bike. Sekitar pukul tujuh, kami mulai melakukan jalan sehat dengan rute mengelilingi Kebun Raya Bogor dan finish di Alun-alun Kota Bogor.

Saat perjalanan mengelilingi Kebun Raya Bogor, saya lumayan lelah apalagi saya membawa dua anak, satu anak batita dan satu anak balita. Jadi pergerakan saya tidak secepat jika berolahraga jalan kaki sendiri mengelilingi Kebun Raya Bogor. Tapi karena salah satu tujuan Jalan Sehat adalah meningkatkan bonding Keluarga Mafaza yaitu antara saya, istri dan anak jadi saya begitu menikmatinya.

Di perjalanan, saya dan istri bergantian menggendong si kecil. Lumayan pegal rupanya mengingat bobot si kecil sudah belasan kilogram. Satu jam dua puluh menit adalah waktu yang saya dan keluarga habiskan dalam melakukan kegiatan Jalan Sehat ini. Lumayanlah.

Sampai di Alun-alun Kota Bogor, saya menukar kupon pengambilan produk Siliwangi Bolu Kukus. Lalu lanjut mengikuti acara demi acara seperti senam bersama, dan games seru.

Di lokasi Alun-alun Kota Bogor, Siliwangi Sehat juga menyediakan cek kesehatan, donor darah, bazar yang melibatkan UMKM, photobooth, dan tempat pembelian produk Siliwangi yang bertaburan promo. 

Ada yang membuat saya terkagum dengan  Siliwangi saat Bapak Muhammad Faizal Chaniago memberi sambutan di atas panggung

Pendidikan

Kekaguman pertama adalah soal pendidikan. Karyawan Siliwangi tidak disyaratkan memiliki ijazah. Akan tetapi setelah menjadi karyawan ada kewajiban yang harus diselesaikan yaitu menyelesaikan Paket A, B, C bahkan sampai ada yang lanjut dan menyelesaikan jenjang kuliah.

Kesehatan

Kekaguman kedua, Siliwangi juga fokus pada kesahatan karyawannya. Ini dibuktikan dengan melakukan aktivitas jalan/lari minimal sekali sepekan yang sudah berjalan selama dua tahun ini.

Kebudayaan

Dari awal tahu produk Siliwangi, kebudayaan khas selalu disertakan. Contohnya nih ya, produk bolu kukus yang Siliwangi produksi menyertakan bahan baku lokal dan menjadi varian bolu kurusnya seperti talas Bogor, kopi Bogor, susu lembang, stroberi Ciwidey dan masih banyak lagi.

Selain melestarikan budaya lewat makanan, Siliwangi juga melestarikan budaya lewat pakaian dan pakaian tradisional. Yang menurutku sangat keren adalah selalu melibatkan budayawan/seniman Jawa Barat saat event. Seperti event Siliwangi Sehat kali ini mengundang musisi Bandung asli Cihanjuang yang membawakan lagu Pop Sunda “Wangsit Siliwangi” yaitu H. Dody Mansyur.

Pemberdayaan UMKM

Kalau kalian membeli produk Siliwangi di store langsung pasti akan ditemukan produk lain yang bukan produksi dari Siliwangi. Produk-produk tersebut adalah produk dari UMKM.

Siliwangi selalu berkomitmen dalam memajukan UMKM Indonesia. Termasuk di event Siliwangi Sehat ini yang membuka stan untuk para UMKM berjualan.

Wangsit Siliwangi

Salah satu kuis yang dilontarkan Pak Faizal adalah wangsit Siliwangi. Awalnya saya bingung apa itu wangsit Siliwangi, tapi baru paham ketika di kiri kanan panggung terdapat tulisan mengenai Wangsit Siliwangi.


Jadi nih ya "Wangsit Siliwangi" merupakan konsep dan ajaran yang berasal dari kebudayaan Sunda, khususnya terkait dengan kerajaan Pajajaran yang diperintah oleh Prabu Siliwangi. Salah satu ajaran utama dari Wangsit Siliwangi adalah "Silih Asah, Silih Asih, Silih Asuh"

Silih Asah. Ini berarti saling mengasah, dalam arti saling belajar dan meningkatkan pengetahuan serta keterampilan. Ini mengajarkan pentingnya pendidikan dan peningkatan diri melalui pembelajaran bersama.

Silih Asih. Ini berarti saling mengasihi atau menyayangi. Ajaran ini menekankan pentingnya cinta kasih, tolong-menolong, dan rasa kepedulian terhadap sesama dalam kehidupan bermasyarakat.

Silih Asuh. Ini berarti saling mengasuh atau membimbing. Ini mengajarkan pentingnya memberikan bimbingan, perhatian, dan dukungan kepada satu sama lain, terutama kepada mereka yang lebih muda atau membutuhkan bantuan.

***

Acara Siliwangi Sehat berlanjut ke pembagian doorprize. Dan yang ditunggu-tunggu, grandprize berupa motor N-Max akhirnya diraih oleh salah satu warga yang beruntung.

Ya, walaupun saya tidak dapat doorprize apalagi grandprize tapi saya tetap bahagia bisa ikutan kegiatan Siliwangi Sehat. Alhamdulillah....



1 komentar

  1. Jalan sehat bareng Siliwangi Bolu Kukus memberikan pengalaman menarik banget ya. Kalau jalan sehat ramean begini jadi makin semangat geraknya. Apalagi pas di finish banyak kegiatan seru dan bazaar nya bikin pejalan kulineran deh. Semoga saja next diadakan lagi event jalan sehat seperti kemarin 😇

    BalasHapus