Program Apik Green Initiative BSD City Sinar Mas Land


Kalau ngomongin soal dunia blogger sekarang ini memang semakin berkembang pesat apalagi dengan adanya berbagai platform dan teknologi baru. Blogger “dituntut” tidak hanya jago dalam merangkai kata-kata namun juga dapat menghasilkan konten lain yang lebih menarik dan interaktif, serta menjangkau audiens yang lebih luas.

Adanya platform digital seperti instagram yang awalnya mengarah ke fotografi membuat blogger harus mengerti juga dunia fotografi. Tidak harus menjadi profesional namun setidaknya foto-foto yang dihasilkan menarik dan mampu menjangkau audiens lebih luas.

Adanya platform seperti Tiktok, Instagram reel dan YouTube mau tidak mau menuntut para blogger untuk dapat menyampaikan pesan tulisan lewat visual yang menarik.

Tren Terbaru Dunia Blogging

Mau tidak mau selalu ada perubahan di setiap eranya termasuk dalam dunia blogging. Banyak tren tren yang bermunculan setiap waktu yang harus diikuti oleh blogger karena jika tidak akan sulit bertahan lebih lama jika mengandalkan tulisan saja. Sehingga seorang blogger harus bertransformasi menjadi seorang digital kreator yang tidak saja pandai merangkai kata namun juga mampu membuat konten dalam bentuk foto, desain dan video.

Ada Beberapa tren terbaru di dunia blogging antara lain:

Video blogging (vlogging): Vlogging semakin populer karena memungkinkan blogger untuk menyampaikan pesan secara lebih visual dan menarik. Kehadiran platform tiktok, Instagram reel dan short YouTube menjadi platform yang mendukung tren ini.

Microblogging: Platform seperti Twitter dan Instagram memungkinkan blogger untuk berbagi konten singkat dan padat dengan cepat.

Blogging berbasis suara: Podcast menjadi semakin populer sebagai alternatif bagi pembaca yang lebih suka mendengarkan daripada membaca.

Ya meskipun dunia blogging terus berubah, prinsip-prinsip dasarnya tetap sama yaitu menghasilkan konten yang berkualitas, membangun hubungan dengan audiens, dan terus berinovasi.

Digital Creator Gathering BSD City

Saat tahu acara ini, saya antusias bukan main. Tidak hanya antusias pada acaranya namun juga antusias datang ke BSD City,  Smart City in Indonesia Kalau boleh putar waktu, salah satu impian saya memiliki hunian di BSD City sebelum memiliki hunian di Bogor.

Datang ke BSD City adalah salah satu hal menyenangkan, selain kotanya yang bersih dan rapi. BSD City juga memiliki konsep kota yang benar-benar dipikirkan secara matang. Makanya saking antusiasnya, saya datang pagi pagi dari Bogor transit dua kali demi ke BSD City.

Datang sebelum acara, lokasi Marketing Office BSD City tidak sulit untuk ditemukan karena berseberangan dengan The Breeze. Saat masuk, maket BSD City dan ragam penghargaan yang sudah diperoleh jadi bukti kalau BSD City memiliki konsep hunian yang matang dengan sistem yang tertata baik.

Masuk ke ruangan, sudah tersedia kopi, teh dan aneka jajanan pasar yang menggoda. Lumayan bisa mengganjal perut karena belum sempat sarapan. Beberapa teman blogger pun mulai berdatangan, menikmati sarapan sembari berbincang kabar dan perjalanan menuju ke BSD City ini.

Tepat pukul sembilan acara pun dimulai....

Acara dibuka oleh MC dilanjutkan dengan sambutan dari Kang Harris Maulana selaku Community Relations & Social Media Head President Office – Sinar Mas Land. Dalam sambutannya Mas Harris mengucapkan terima kasih kepada temen-teman blogger dan content creator yang sudah menyempatkan hadir untuk mengikuti Digital Creator Gathering BSD City ini.

Presentasi Reducing Carbon Emission Through Green Initiative Program in BSD City

Berikutnya presentasi mengenai Reducing Carbon Emission through Green Initiative Program in BSD City yang dijelaskan oleh Mas Sessario Bayu selaku Green Initiative Sinar Mas Land. Penjelasan ini benar-benar membuka mata saya betapa kerennya BSD City dalam mengelola kotanya agar tetap berdaya dalam hal ekonomi dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungannya.

Sebagai Kota Hijau Di Indonesia, BSD City telah menjalankan 8 aspek environmental sustainability di antaranya

Green building yakni pengembangan properti Hijau yang tersertifikasi.

Energy efficiency and water conservation yakni upaya pengurangan energi fosil, penghematan air dan pengelolaan limpasan air hujan.

Renewable energy, yakni penggunaan panel surya dan renewable energy Certificate.

Green habit yakni kampanye dan edukasi prilaku ramah lingkungan.

Green mobility yakni transportasi publik terintegrasi.

Waste management yakni pengelolaan sampah bertanggungjawab.

Green material yakni penggunaan material ramah lingkungan, dan aspek terakhir.

Low carbon yakni inventarisasi dan upaya pengurangan emisi karbon.

Workshop Search Engine Optimize (SEO)

Berikutnya ada Kak Jesslyn Marvella selaku Website Channel Specialist Sinar Mas Land yang menjelaskan tentang Search Engine Optimize (SEO). Penjelasan Kak Jesslyn mengenai SEO memang benar-benar diperlukan oleh blogger di era sekarang. Terlebih “saingan” para blogger dalam memunculkan berita di mesin pencarian tidak hanya sesama blogger namun juga media media mainstream.

Dalam penjelasannya, Kak Jesslyn mengungkapkan pentinganya mengetahui guide SEO yang mencakup on page SEO, off page SEO dan technical SEO. Yang jika ketiganya dioptimalkan maka blog atau website kita mampu bersaing dengan baik di mesin pencarian.

Workshop “Make Your Video Stand Out On Social Media “

Berikutnya ada workshop mengenai Make Your Video Stand Out On Social Media yang dibuka oleh Mas Winarso Nugroho selaku Creative Head SML Presentation. Mas Nuu menjelaskan pentingnya blogger untuk lebih paham era sosial media yang perlu dikuasai termasuk platform yang menggunakan video sebagai konten utamanya.

Berikutnya Mbak Vibrie selalu digital creator hits menjelaskan bagaimana membuat video yang stand out di sosial media. Banayak tips yang diberikan Mbak Vibrie di antaranya, sebagai blogger perlu memahami apa yang diinginkan sebuah platform atau bahasa kerennya perlu memahami alogaritma sebuah platform.

Alogaritma Tiktok maupun Instagram tentunya berbeda, untuk itu selain blogger perlu memahami lebih terkait pembuatan video, blogger juga perlu tahu tentang alogaritma masing-masing platform.

Selain menjelaskan tentang alogaritma, Mbak Vibrie juga menjelaskan pentingnya menjaga engagement akun di semua platform. Tentunya dengan konsiten mengupload konten, menjaga interaksi dengan penonton dan ikut melakukan interaksi di akun lain.

Beneran deh, penjelasan dari para narasumber benar-benar bermanfaat untuk kami para blogger yang sudah bertransformasi menjadi seorang konten kreator.

Makan Siang dengan Rantang

Momen makan siang adalah momen yang ditunggu-tunggu, dan yang membuat kagum adalah makan siang kali ini menggunakan rantang yang bisa di-reuse.

Green habit yang menjadi salah satu aspek green initiative BSD City benar-benar sudah diterapkan tidak hanya kepada para stakeholders BSD City dan Sinar Mas Land, namun juga kepada para content creators yang hadir pada kegiatan Digital Creator Gathering BSD City. Nggak salah jika BSD City dikenal sebagai Green Living in Indonesia

BSD City memang tepat jadi Kota Hijau di Indonesia. Luar biasa!




Tidak ada komentar

Posting Komentar